Jumat, 09 Desember 2016

Pola Makan Sehat Untuk Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Tags

pola makan sehat untuk mengurangi risiko penyakit jantung

Pola Makan Sehat Untuk Mengurangi Risiko Penyakit Jantung - Pola makan sehat akan mengarahkan tubuh kita ke arah yang lebih sehat pula. Mengkonsumsi makanan yang tepat dan sehat sangat bermanfaat dalam mengurangi kadar kolestrol jahat (LDL) sehingga risiko akan terjadinya penyakit jantung juga akan berkurang.

Apabila kolestrol jahat dibiarkan terlalu lama di dalam tubuh, maka akan menyebabkan atherosclerosis dan penyumbatan pembuluh darah. Atherosclerosis merupakan suatu kondisi dimanan terjadi penumbatan pembuluh darah yang pada akhirnya dapat menyebabkan serangan jantung dan kematian.

Strategi sehat untuk mencegah penyakit jantung 

Untuk mencegah risiko penyakit jantung, salah satu caranya adalah dengan menerapkan pola makan yang sehat. Ada beberapa strategi yang bisa diterapkan terkait pola makan tersebut, diantaranya :
  • Makan secara teratur

Makan secara teratur inilah yang sulit dijaga oleh sebagian orang khususnya mereka yang sibuk dengan pekerjaan, dampak dan resiko makan yang tidak teratur sangat banyak sekali, selain penyakit jantung penyakit lainnya juga bisa datang akibat makan yang tidak teratur seperti penyakit maag, lambung dan lainnya.
  • Konsumsi buah, sayur, kacang, dan gandum

Mengkonsumsi buah, sayur, kacang dan gandum merupakan rekomondasi para ahli kesehatan, sebab dengan mengkonsumsi makanan-makanan tersebut setiap harinya akan memberikan benteng dan perlawanan bagi tubuh anda jika penyakit akan menyerang khususnya serangan jantung. 
  • Banyak mengkonsumsi ikan

Ikan adalah sumber protein dan nutrisi yang kaya akan omega 3 yang berfungsi mengurangi resiko stroke dan penyakit jantung. The American Heart Association menganjurkan kepada kita agar rutin mengkonsumsi ikan yang mempunyai kandungan omega 3 sebanyak 2 kali seminggu, salah satu ikan yang kaya akan omega 3 adalah ikan salmon dan ikan-ikan lainnya. 
  • Konsumsi lemak yang tepat

Mengkonsumsi lemak juga dapat anda lakukan secara tepat, sebab tidak selamanya makanan berlemak memberikan dampak buruk bagi tubuh. Tubuh tentu memerlukan kapasitas lemak yang normal dan tidak berlebihan, sebab fungsi lemak dapat melarutkan vitamin A, D, E dan K, selain itu lemak juga penghasil energi tertinggi. Perlu diingat bahwa, jika lemak yang anda konsumsi terlalu banyak atau berlebihan, maka hal inilah yang bisa menyebabkan berbagai penyakit akan datang, maka dari itu perlu langkah tepat untuk mengkonsumsinya.

Dalam mengkonsumsi lemak perlu anda perhatikan yaitu dengan membatasi asupan total lemak, mengurangi asupan lemak trans dan tidak lebih dari 10% lemak jenuh. Kemudian pilihlah dengan teliti makanan yang mengandung lemak, pilih lemak tidak jenuh tunggal dan ganda seperti alpukat, kacang tanah, olive oil, kedelai dan lain lain.
  • Makanan yang bervariasi

Menggunakan variasi makanan merupakan cara melawan datangnya gangguan penyakit dalam tubuh, makanan yang mengandung protein tinggi seperti susu atau daging dapat meningkatkan resiko penyakit jantung, maka dari itulah anda harus menseimbangkan sistem makan anda dengan nutrisi yang anda tambahkan dengan makanan lainnya seperti sayur dan buah.
  • Konsumsi karbohidrat kompleks

Tentunya lemak bukanlah satu-satunya penghasil energi bagi tubuh, energi bisa didapatkan dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti gandum, pasta, dan kentang.
  • Makan sesuai aturan

Makan yang sesuai aturan adalah makan dengan porsi yang telah ditentukan, jika mengutip dari sabda nabi Muhammad bahwa makan yang baik itu adalah dengan 1/3 makan, 1/3 udara dan 1/3 air. Jika ini dilakukan secara komitmen, maka kita akan tercegah dari timbulnya berbagai penyakit.

Demikian info mengenai  Pola Makan Sehat Untuk Mengurangi Risiko Penyakit Jantung. Selain beberapa poin diatas kurangi juga konsumsi gula, makanan dan minuman yang manis-manis, serta minuman bersoda. Semoga bermanfaat.

Pola Makan Sehat Untuk Mengurangi Risiko Penyakit Jantung


EmoticonEmoticon